Cara Menghitung Kapasitas Memori HandPhone

REUSAM-Sahabat Reusam sudah lama saya tidak posting blogger lagi ya.Sangking sibuk-nya dengan aktifitas kuliah sampai membuat blog saya jadi sepi pengunjung.Tapi syukur Alhamdulillah sekarang sudah bisa aktif kembali lagi di blogger REUSAM ini. Mohon maaf yang sebesar-nya tidak bisa merespon balasan dari sahabat blogger semua

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tau bagaimana cara menghitung kapasitas memori HP kita.Mungkin sahabat blogger bertanya mengapa memori HP 16GB cuma ter-index 15GB saja.Saya juga bingung kenapa terjadi hal seperti itu.Akhir-nya saya tau jawaban-nya setelah membaca buku pedoman di HP saya.Dan akan saya beri tau cara menghitung-nya untuk para sahabat blogger semua bagaimana cara menghitung-nya.

Mengapa Memori 16GB saya hanya tersedia 11 GB ?
Singkat-nya, Produsen ROM menggunakan sistem bilangan basis 16 ( Heksadesimal ) dari angka 1000, yaitu 1024.Perhitungan produsen: 16GB=16X1000X1000X1000/1024=15GB Perhitungan system : 16GB=16X1024X1024X1024Byte jadi ,Ukuran sebenar-nya dari ROM 16GB hanyalah sekitar 15GB.Memori 15GB tersebut kemudian dibagi menjadi tiga: 2GB untuk system,2GB untuk pemeliharan Aplikasi,dan 11GB untuk penyimpanan internal.11Gb yang anda lihat merupakan memori ekstra yang dapat digunakan seperti USB
 Bagaimana sahabat blogger sudah mengertikan sekarang mengapa memori 16GB hanya tersedia 11GB 
Semoga bisa bermanfaat ya sahabat blogger 
Sekian dan terimkasih